cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota palopo,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Journal of Institution And Sharia Finance
ISSN : 26546043     EISSN : 26205130     DOI : -
Core Subject : Economy,
Journal Of Institution And Sharia Finance compile writing and research on Islamic financial institutions, Islamic banking, sharia business management, strengthening people's economy, Islamic financial management.
Arjuna Subject : -
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2019): JUNI" : 14 Documents clear
PRODUKSI, KONSUMSI DAN DISTRIBUSI DALAM ISLAM Alang, Agung Zulkarnain
journal of institution and sharia finance Vol 2, No 1 (2019): JUNI
Publisher : journal of institution and sharia finance

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Mekanisme produksi dalam Islam adalah semua kegiatan baik produksi, konsumsi dan distribusi harus sesuai dengan prinsip-prinsip dasar yaitu prinsip tauhid, prinsip keadilan, prinsip kebebasan dan prinsip pertanggungjawaban. Manusia dalam berproduksi, konsumsi dan distribusi harus sesuai dengan etika Islam yang menjadikan kemakmuran dan ketentraman dalam bermasyarakat. Etika dalam berproduksi adalah; peringatan Allah akan kekayaan alam, berproduksi dalam lingkaran yang Halal,  etika mengelola sumber daya alam, harus dilandasi dengan ilmu dan syari’ah Islam  sebagai Khalifah di muka. Etika komsumsi menurut Islam, antara lain: Tauhid (Unity/ Kesatuan), adil (Equilibrium/ Keadilan), Free Will (Kehendak Bebas), amanah (Responsibility/ Pertanggungjawaban), hahal dan sederhana. Dalam proses pendistribusian barang, Islam melarang Ikhtikar, mencari keuntungan yang wajar, mendistribusikan kekayaan secara meluas dan menjunjung kesamaan sosial.Kata Kunci : Produksi, Konsumsi, Distribusi dan Islam
PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, EMOSIONAL DAN SPIRITUAL TERHADAP KINERJA DOSEN PADA PERGURUAN TINGGI MUHAMMADIYAH KOTA PALOPO Makkasau, Suhandra
journal of institution and sharia finance Vol 2, No 1 (2019): JUNI
Publisher : journal of institution and sharia finance

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kecerdasan Intelektual, Emosional dan Spiritual Terhadap Kinerja Dosen pada Perguruan Tinggi Muhammadiyah Kota Palopo.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh dosen tetap yayasan pada Perguruan Tinggi Muhammadiyah Kota Palopo dengan jumlah sampel sebanyak 75 orang.Metode dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuisioner dan wawancara, metode analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif yaitu dengan analisis regresi berganda yang digunakan untuk mengukur Kecerdasan Intelektual, Emosional dan Spiritual Terhadap Kinerja Dosen pada Perguruan Tinggi Muhammadiyah Kota Palopo.Berdasarkan uji F variable bebas (Kecerdasan Intelektual, Emosional dan Spiritual secara bersama-sama memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel terikat (Kinerja Dosen). Melalui pengujian koefisien korelasi (R) diperoleh bahwa tingkat korelasi atau hubungan antara Kecerdasan Intelektual, Emosional dan Spiritual Terhadap Kinerja Dosen pada Perguruan Tinggi Muhammadiyah Kota Palopo mempunyai hubungan yang tinggi yaitu sebesar 94.4 persen, sedangkan sisanya sebesar 5.6% dipengaruhi oleh faktor lain. Dimana variabel kecerdasan spiritual merupakan variabel yang paling dominan mempengaruhi Kinerja Dosen pada Perguruan Tinggi Muhammadiyah Kota Palopo.Kata Kunci : Kecerdasan Intelektual, Emosional, Spiritual dan Kinerja
PENGARUH KOMPENSASI FINANSIAL DAN KOMPENSASI NON FINANSIAL TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA KANTOR PAM TIRTA MANGKALUKU KOTA PALOPO Kasran, Muhammad
journal of institution and sharia finance Vol 2, No 1 (2019): JUNI
Publisher : journal of institution and sharia finance

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pemberian kompensasi yang memadai akan dapat mempertahankan kepuasan kerja karyawan. Maka imbalan atau kompensasi dapat menjadi motivasi yang mampu menggerakkan manusia dalam berkarya dan kompensasi yang layak akan meningkatkan kepuasan kerja karyawan PAM Tirta Mangkaluku kota Palopo.Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh Kompensasi finansial dan kompensasi non finansial terhadap kepuasan kerja karyawan PAM Tirta Mangkaluku kota Palopo. Jumlah Responden dalam penelitian ini sebanyak 141 orang. Analisis penelitian ini menggunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dengan metode persamaan regresi linear berganda dengan menggunakan program SPSS versi 21.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kompensasi Finansial dan Kompensasi non Finansial  berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan karyawan Perusahaan Air Minum Tirta Mangkaluku Kota Palopo, baik secara parsial maupun secara simultan.Keyword: Kompensasi Finansial, Kompensasi non finansial, kepuasan kerja, PAM Tirta Mangkaluku kota Palopo
PENGARUH PROFITABILITAS DAN INVESTMENT OPPORTUNITY SET TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN Jasman, Jumawan
journal of institution and sharia finance Vol 2, No 1 (2019): JUNI
Publisher : journal of institution and sharia finance

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian iniuntuk mengetahui pengaruh profitabilitas dan investment opportunity setterhadap kebijakan dividen.Populasi terdiri dari seluruh perusahaan terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2013-2017. Sampel ditentukan berdasarkan teknik purposive sampling sehingga jumlah sampel sebanyak 7 perusahaan. Jenis data yang digunakan yaitu panel data (gabunganantaratime series dan cross section). Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara mendowload ringkasan laporan keuangan di website Bursa Efek Indonesia.Metodeanalisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan program Eviews 7. Temuan penelitian yakni profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kebijakan dividen. Investment opportunity set berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kebijakan dividen. Keywords: Profitabilitas, Investment Opportunity Set,KebijakanDividen
PRODUKSI, KONSUMSI DAN DISTRIBUSI DALAM ISLAM .... ......
Journal Of Institution And Sharia Finance Vol 2, No 1 (2019): JUNI
Publisher : Program Studi Perbankan Syariah, IAIN Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (152.653 KB) | DOI: 10.24256/joins.v2i1.1491

Abstract

Abstract: The mechanism of production in Islam is that all activities whether production, consumption and distribution must be in accordance with the basic principles of monotheism, the principle of justice, the principle of freedom and the principle of accountability. Humans in production, consumption and distribution must be in accordance with Islamic ethics which makes prosperity and peace in society. Ethics in production are Allah's reminder of natural wealth, producing in halal circles, the ethics of managing natural resources, must be based on Islamic knowledge and sharia as the Khalifah in advance. Consumption ethics according to Islam, among others: Monotheism (Unity), fair (Equilibrium / Justice), Free Will, trust (Responsibility), hahal and simple. In the process of distributing goods, Islam prohibits Ikhtikar, seeks reasonable profits, distributes wealth widely and upholds social equality.Keywords: Production, Consumption, Distribution, IslamAbstrak: Mekanisme produksi dalam Islam adalah semua kegiatan baik produksi, konsumsi dan distribusi harus sesuai dengan prinsip-prinsip dasar yaitu prinsip tauhid, prinsip keadilan, prinsip kebebasan dan prinsip pertanggungjawaban. Manusia dalam berproduksi, konsumsi dan distribusi harus sesuai dengan etika Islam yang menjadikan kemakmuran dan ketentraman dalam bermasyarakat. Etika dalam berproduksi adalah; peringatan Allah akan kekayaan alam, berproduksi dalam lingkaran yang halal, etika mengelola sumber daya alam, harus dilandasi dengan ilmu dan syari’ah Islam sebagai Khalifah di muka. Etika komsumsi menurut Islam, antara lain: Tauhid (Unity/ Kesatuan), adil (Equilibrium/ Keadilan), Free Will (Kehendak Bebas), amanah (Responsibility/ Pertanggungjawaban), hahal dan sederhana. Dalam proses pendistribusian barang, Islam melarang Ikhtikar, mencari keuntungan yang wajar, mendistribusikan kekayaan secara meluas dan menjunjung kesamaan sosial.Kata Kunci: Produksi, Konsumsi, Distribusi, IslamDAFTAR PUSTAKA Anto, Hendrie, Pengantar Ekonomika Mikro Islami, Yogyakarta : Jalasutra, 2003Karim, Adiwarman , Ekonomi Mikro Islami, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2007Kementerian Agama RI, Al-Quran dan Terjemahnya Jakarta: Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Direktorat Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syaria’h, 2012Mawardi,  Ekonomi Islam, Pekanbaru: Alaf Riau: 2007Metwally, Teori dan Model Ekonomi Islam, Jakarta : PT. Bangkit Daya Insana, 1995 Mujahidin, Akhmad,  Ekonomi Islam 2, Pekanbaru, Mujtahadah Press: 2010M. Shaluddin, Azas-Azas Ekonomi Islam,  Jakarta: CV.Raja Grafindo Persada, 2007 M.A.  Mannan, Teori dan Praktik Ekonomi Islam, Yogyakarta: PT. Dana Bhakti Wakaf, 1995.Said, H. Muhammad.   Pengantar Ekonomi Islam,  Pekanbaru: Suska Press, 2008S. Harahap, Sofyan,  Etika Bisnis dalam Perspektif Islam Jakarta: Salemba Empat: 2011Thompson, Arthur,  and John, Formby, Economics of the Firm : Theory and practice, New Jersey : Prentice Hall, 1993Qardhawi, Yusuf,  Dar al-Qiyam wa Al-Akhlak fi al-Iqtishadi al-Islam Kairo: Maktabah Wahbah, 1995 http://sakir-88.blogspot.com/2011/11/makalah-investasi-islam-di-bidang-riil.html.
STRATEGI PEMASARAN PRODUK DALAM TINJAUAN EKONOMI ISLAM (Sudi Kasus PT. Columbia Cabang Kota Palopo) .... .....
Journal Of Institution And Sharia Finance Vol 2, No 1 (2019): JUNI
Publisher : Program Studi Perbankan Syariah, IAIN Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (433.526 KB) | DOI: 10.24256/joins.v2i1.1497

Abstract

Abstract This thesis discusses, first, what factors influence the level of marketing at PT. Colombia Palopo City Branch, second, how is the marketing strategy carried out by PT. Columbia Palopo City Branch based on Islamic economics, third, how the impact of marketing strategies on the level of business growth on PT.Combombia Palopo City Branch based on Islamic economics. This thesis aims to examine what factors influence the marketing of PT. Colombia Palopo Branch, how is the marketing strategy and how does the marketing strategy affect the business growth of PT. Colombia Palopo Branch. In this study, researchers used a type of field research (field research) that is research directly related to the object under study. In this case it is directed to obtain the data needed from the object of research which is actually a social fact about marketing strategies in increasing product sales in an Islamic economic review at PT. Colombia Palopo City Branch. Research uses a qualitative approach. This study concludes the factors that influence the marketing of PT. Colombia Palopo Branch, product, price, place and promotion. Based on the Islamic Economy of Islamic Marketing Strategy, Colombia Palopo Branch implements an Islamic marketing strategy consisting of halal products, not taking much profit. Promotion does not contain an element of fraud and good service. Whereas the formulation of the third problem of the impact of Islamic marketing strategies is that customers do not feel disappointed. Keywords: Marketing Strategy; Product sale; Islamic economics Abstrak Skripsi ini membahas tentang, pertama, Faktor apa yang mempengaruhi tingkat pemasaran pada PT. Colombia Cabang Kota Palopo, kedua bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan oleh PT. Columbia Cabang Kota Palopo berdasarkan ekonomi Islam, ketiga, bagaimana dampak strategi pemasaran terhadap tingkat pertumbuhan usaha pada PT.Colombia Cabang Kota Palopo berdasarkan ekonomi Islam. Skripsi ini bertujuan mengkaji faktor apa yang mempengaruhi pemasaran PT. Colombia Cabang Palopo, bagaimna strategi pemasaran dan bagaimana dampak strategi pemasaran terhadap pertumbuhan usaha PT. Colombia Cabang Palopo. Dalam penelitian  ini, peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan  (field research) yakni penelitian yang langsung berhubugan dengan objek yang diteliti. Dalam hal ini diarahkan untuk memperoleh data yang di perlukan dari objek penelitian yang sebenarnya adalah fakta sosial tentang strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan produk dalam tinjauan ekonomi islam pada  PT.  Colombia Cabang Kota  Palopo. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menyimpulkan faktor-faktor yang mempengaruhi pemasaran PT. Colombia Cabang Palopo yaitu produk, harga, tempat   dan promosi. Berdasarkan Ekonomi Islam   Strategi Pemasaran Islami, Colombia Cabang Palopo menerapkan strategi pemasaran Islami yang terdiri atas produk halal, tidak mengambil  banyak  keuntungan.  Promosi  tidak  mengandung  unsur  penipuan  dan  pelayanan  yang  baik. Sedangkan rumusan masalah ketiga dampak strategi pemasaran islam yaitu pelanggan tidak merasa kecewa. Kata Kunci            :Strategi Pemasaran; Penjualan Produk; Ekonomi Islam DAFTAR PUSTAKA Alma  Bukhari  dan  Donni  Juni  Priansa,  Manajemen  Bisnis  Syariah:  Menanamkan  Nilai danPraktis Syariah dalam Bisnis Kontemporer, Bandung: AlfabetaAmir Taufik, Dinamika Pemasaran,Jakarta, PT Raja  Grafindo Persada, 2005 Asia Thomson Learning, Pengantar Bisnis, PT Salemba Empat Patriah Cahyono Bambang Tri, Strategi Promosi Jakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI. 199 Departemen Agama Republik Indonesia. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta: Yayasan Penterjemah Al-Qur‟an, 1984 Faisal, Strategi Pemasaran, Bandung: Aksara, 1992 Hamka Ferawati, Wakil Pimpinan PT. Columbia Cabang Palopo, Wawancara, Pada Tanggal9 2016 http://koranseruya.com/2011/05/columbia-palopo-.html?m=1,diakses  tanggal  26  desember-2015 Ibu mhyta, Pelanggan PT. Columbia Cabang Palopo, Wawancara, Pada Tanggal 11 Mei 2016 Kasmir dan Jakfar, Studi Kelayakan Bisnis,Jakarta: Kencana, 2003 Keller Philip Kotler, Manajemen pemasaran, PT Indeks 2007 Nurmiati, Karyawan PT. Columbia Cabang Palopo, Wawancara. Pada Tanggal 10 Mei 2016 Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&B, Bandung: Alfabeta, 2010Sofyan Assouri, Manajemen Pemasaran, Dasar dan Konsep dan Strategi, Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada, 1998Swastha Basu Dh,. Manajemen Barang Dalam Pemasaran, Ctk 1, 1987 Tuar Rizal, Pimpinan PT. Columbia Cabang Palopo, Wawancara. Pada Tanggal 10 Mei 2016 Willam D Perriault,jr,. E. Jerome Mccarthy, Pemasarn Dasar , 2008 
PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, EMOSIONAL DAN SPIRITUAL TERHADAP KINERJA DOSEN PADA PERGURUAN TINGGI MUHAMMADIYAH KOTA PALOPO ..... .......
Journal Of Institution And Sharia Finance Vol 2, No 1 (2019): JUNI
Publisher : Program Studi Perbankan Syariah, IAIN Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (105.788 KB) | DOI: 10.24256/joins.v2i1.1492

Abstract

Abstract: The purpose of this research was to determine the effect of Intellectual, Emotional and Spiritual Intelligence on the Performance of Lecturers in Muhammadiyah University of Palopo.The population in this study were all permanent lecturers of the foundation at Muhammadiyah College in Palopo City with a total sample of 75 people. The data collection methods used were questionnaire and interview. While the data analysis method used is descriptive quantitative with multiple regression analysis used to measure intellectual, emotional and spiritual intelligence on the performance of lecturers at Muhammadiyah College in Palopo City. Based on the F test independent variables (Intellectual, Emotional and Spiritual Intelligence together have a positive and significant effect on lecturer performance. Through testing the correlation coefficient (R), it is found that the level of correlation or relationship between Intellectual, Emotional and Spiritual Intelligence on Lecturer Performance in Muhammadiyah University of Palopo City has a high relationship that is equal to 94.4 percent, while the rest of 5.6% is influenced by other factors, where the variable of spiritual intelligence is the most dominant variable affecting the Performance of Lecturers at Muhammadiyah University of Palopo City.Keywords: Intellectual, Emotional, Spiritual and Performance Intelligence Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kecerdasan Intelektual, Emosional dan Spiritual Terhadap Kinerja Dosen pada Perguruan Tinggi Muhammadiyah Kota Palopo.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh dosen tetap yayasan pada Perguruan Tinggi Muhammadiyah Kota Palopo dengan jumlah sampel sebanyak 75 orang. Metode dalam pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner dan wawancara. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan analisis regresi berganda yang digunakan untuk mengukur kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual terhadap kinerja dosen pada Perguruan Tinggi Muhammadiyah Kota Palopo. Berdasarkan uji F variable bebas (Kecerdasan Intelektual, Emosional dan Spiritual secara bersama-sama memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja dosen. Melalui pengujian koefisien korelasi (R) diperoleh bahwa tingkat korelasi atau hubungan antara Kecerdasan Intelektual, Emosional dan Spiritual Terhadap Kinerja Dosen pada Perguruan Tinggi Muhammadiyah Kota Palopo mempunyai hubungan yang tinggi yaitu sebesar 94.4 persen, sedangkan sisanya sebesar 5.6% dipengaruhi oleh faktor lain. Dimana variabel kecerdasan spiritual merupakan variabel yang paling dominan mempengaruhi Kinerja Dosen pada Perguruan Tinggi Muhammadiyah Kota Palopo.Kata Kunci: Kecerdasan Intelektual, Emosional, Spiritual dan KinerjaDAFTAR PUSTAKAAgus Nggermanto, 2002, Quantum Quotient (Kecerdasan Quantum) : Cara Tepat  Melejitkan IQ, EQ, dan SQ Secara Harmonis, Nuansa, BandungAhmad Purba 1999,  Emotional Intelligence, Seri Ayah Bunda, 26 Juli-8 Agustus, Dian Raya, JakartaAry Ginanjar Agustian, 2001, Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual (ESQ), Arga Wijaya Persada, JakartaAndini Muttaqin. 2009. Hubungan Emotional Quotient, Intelektual Quotient dan Spiritual Quotient dengan Entrepreneur’s Performance, Jurnal Manajemen Bisnis | Vol. 2 No. 3 | Desember 2009 - Maret 2010 (221 - 234).Anthony Dio Martin, 2000, Aplikasi EQ Based HR Management System, Majalah Manajemen, No.148, DesemberAzwar, 1997, Reliabilitas dan Validitas, Liberty, YogyakartaBehling, O, 1998, Employee Selection : Will Intelligence and Conscientiousness Do The Job ?, The Academy of Management Executive, 12(1) :77-86Bernardin, J, 1993, The Function of The Executive, Cambridge, Ma. Research of Harvard UniversityCooper, R, K, 2002, Executive EQ : Kecerdasan Emosi Dalam Kepemimpinan dan Organisasi, PT. Gramedia Pustaka Utama, JakartaDanah Zohar dan Ian Marshall. 2001. SQ: Memanfaatkan Kecerdasan Spiritual dalam Berpikir Integralistik dan Holistik untuk Memaknai Kehidupan (terjemahan). Bandung: Mizan.Dani Setyawan, 2004, Analisis Pengaruh Kepemimpinan Q (IQ, EQ, SQ) Terhadap Komitmen Organisasional Karyawan, Skripsi, Universitas Katoloik Soegijapranata, Semarang.Dessler, G, 1997, Manajemen Sumber Daya Manusia, Alih bahasa :Benyamin Molan,PT. Prenhallindo, JakartaGoleman, D, 2000, Kecerdasan Emosi : Mengapa Emotional Intelligence Lebih Tinggi Daripada IQ, Alih Bahasa : T. Hermay, PT. Gramedia Pustaka Utama, JakartaHarry Widiantoro, 2001, Menciptakan Eustress Di Tempat Kerja : Usaha Meningkatkan Kinerja Karyawan,Ventura, Vol.4, No.2Imam, G, 2001, Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program SPSS, Badan Penerbitan UNDIP, SemarangMathis, R,L, dan Jackson, 2002, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jilid 1 dan 2, Alih bahasa : Bayu Brawira, Salemba Empat, JakartaMcCormic, D.W, 1994, Spirituality and Management, Journal Of Managerial Psychology, Vol.9Meyer, J, 2000, EQ dan Kesuksesan Kerja, http://www.e-psikologi.com, 12 Desember 2004Muhammad Idrus, 2002, Kecerdasan Spiritual Mahasiswa Yogyakarta, Psikologi Phronesis, Jurnal Ilmiah dan Terapan, Vo.4, No.8, Desember 2002Ningky Munir, 2000, Spiritualitas dan Kinerja, Majalah ManajemenRavianto, 1988, Production of Management, LSIUP, JakartaRiggio, R, E, 2000, Introduction To Industrial/Organizational Psychology, Third Edition, Prentice Hall, New JerseyRobbins, S, P, 1996, Perilaku Organisasi, PT. Prehallindo, JakartaSala, F, 2004, Do Programs Designed to Increase Emotional Intelligence at Work, Emotional Intelligence Consortium Research Journal, BostonSchuller, R,S, dan Jackson, SL, 1996, Manajemen Sumber Daya Manusia : Menghadapi Abad 21, Ed.6, jilid.2, Alih Bahasa : Abdul Rosyid SS, Erlangga, JakartaSingarimbun, Masri dan Effendi. 1995. Metode Penelitian Survai. Jakarta : Pustaka LP3ES.Sumadi Suryabrata, 1998, Pembimbing Ke PsikodiagnostikII, Rake Sarasin, YogyakartaSutardjo. A Wiamiharja, 2003, Keeratan Hubungan Antara Kecerdasan, Kemauan dan Prestasi Kerja, Jurnal Psikologi, Vol.11, No1, Maret 2003Simamora, H, 1995, Manajemen Sumber Daya Manusia, Badan Penerbit YKPN, YogyakartaSiti Habibah, 2001, Meningkatkan Kinerja Melalui Mekanisme 360 Derajat, Telaah Bisnis, Vol.2, No.1. p.27-37Sugiono, 1999, Metodologi Penelitian B isnis, Alfabeta, BandungSutrisno Hadi, 2001, Metodologi Reset II, Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada, YogyakartaWiersma, M.L, 2002, The Influence of Spiritual “Meaning-Making” On Career Behaviour, Journal of Management Development, Vo.21, No.7, pp.497-520
PENGARUH FAKTOR PENETAPAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (STUDI KASUS PADA SWALAYAN INDOMARET RATULANGI PALOPO). .... .......
Journal Of Institution And Sharia Finance Vol 2, No 1 (2019): JUNI
Publisher : Program Studi Perbankan Syariah, IAIN Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (477.372 KB) | DOI: 10.24256/joins.v2i1.1498

Abstract

ABSTRACT This study discusses the Effect of Pricing Factors on Customer Satisfaction (Case Study in the Indomaret Ratulangi Supermarket). The purpose of this study is to determine whether the pricing factor can affect customer satisfaction shopping at Indomaret Ratulangi Palopo. The research problem refers to whether the pricing factor can affect customer satisfaction shopping at Indomaret Ratulangi Palopo. Customer satisfaction by Palopo City consumers is influenced by many factors, some of which are price, sales volume, company image, and price stability. The method used in this research is quantitative method. With a Palopo City customer population of 132 people. Samples were obtained by the number of respondents amounted to99 people. In the sampling technique, a sampling technique that is used is random sampling or with certain considerations. Data were collected using a questionnaire filled out by respondents. Then the data obtained were analyzed using multiple regression analysis. The results found that there was an effect between pricing (X) of 25.9% on customer satisfaction (Y). This means that 25.9% is contributed by the variable price, sales volume, company image, and price stability, while the remaining 74.1% (100% -25.9%) is influenced by other factors not included in this study. This figure of 0.509 or 50.9% shows the correlation between price, sales volume, company image, and price stability on customer satisfaction in Indomaret. This means that there is a close relationship because the value is close to 1 and well above 0. The influence between price fixing on customer satisfaction shows that the more variables produced by pricing, the more likely Indomaret will get customer satisfaction from these variables. Vice versa, if the pricing variable is a little, then a little customer satisfaction is obtained by Indomaret. ABSTRAKPenelitian ini membahas tentang Pengaruh faktor Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Swalayan Indomaret Ratulangi Palopo). Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui apakah faktor penetapan harga dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan berbelanja di Indomaret Ratulangi Palopo. Permasalahan penelitian merujuk pada Apakah faktor penetapan harga dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan berbelanja di Indomaret Ratulangi Palopo. Kepuasan pelanggan yang dilakukan oleh  konsumen Kota Palopo dipengaruhi oleh banyak faktor, beberapa diantaranya adalah faktor harga, volume penjualan, citra perusahaan, dan stabilitas harga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. .Dengan populasi pelanggan Kota Palopo yang berjumlah 132 orang. Sampel diperoleh dengan jumlah responden sebesar99 orang. Dalam teknik pengambilan sampel, digunakan teknik sampling yaitu random sampling  atau dengan pertimbangan tertentu. Data  dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang diisi  oleh para responden. Kemudian data  yang  diperoleh dianalisis dengan  menggunakan analisis regresi  berganda.  Hasil  penelitian menemukan bahwa terdapat pengaruh antara penetapan harga (X) sebesar 25,9% terhadap kepuasan pelanggan (Y). Artinya 25,9% disumbangkan oleh variabel harga, volume penjualan, citra perusahaan, dan stabilitas harga, sedangkan sisanya sebesar 74,1% (100%-25,9%) di pengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Angka sebesar 0.509 atau 50,9% ini menunjukkan korelasi antara harga, volume penjualan, citra perusahaan, dan stabilitas harga terhadap kepuasan pelanggan di indomaret. Ini  berarti terjadi hubungan yang erat karena nilai mendekati 1 dan jauh diatas 0. Adanya pengaruh antara penetapan harga terhadap kepuasan pelanggan menunjukkan bahwa semakin banyak variabel yang dihasilkan oleh penetapan harga, maka semakin besar  kemungkinan indomaret  memperoleh  kepuasan  pelanggan  dari  variabel-variabel tersebut.  Begitupun sebaliknya, apabila variabel penetapan harga sedikit maka sedikit pula kepuasan pelanggan yang diperoleh oleh indomaret. DAFTAR PUSTAKAAeni, Nur, Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap KePUASAN Konsumen PadaPerusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di Kecamatan Bara Kota PalopoBogdan, Robert dan Steven J. Taylor, Kualitatif Dasar-dasar Penelitian, (surabaya: UsahaNasional, 1993)Departemen Agama RI, al-Quran dan  Terjemahannya. (Bandung: PT. Syaamil Cipta Media,2005).Fandy, Tjiptono, Strategi Pemasaran , (Yogyakarta, 2004)Hadi, Sutrisno, Metodologi Penelitian Research, (Cet.II; Yogyakarta: UGM,1997)http://members.bannerindonesia.com/ 13/Maret/2013(Diposkan oleh Afri Kartini di : Analisa Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan di Toko Waralaba Indomaret Cipinang Jakarta Timur), 7-10-2015, pukul 15.34.Kotler ,Philip, According To Kotler, ( Jakarta: Gramedia,2006)Kotler, Philip, Manajemen Pemasaran di Indonesia : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian, ( Jakarta: Salemba Empat,2002)J.Setiadi, Nugroho SE.,MM,Perilaku Konsumen, (Jakarta:Kencana,2003, edisi. 1) Mahfoud, Pengantar Pemasaran Modern, UPP AMP YKPN,Yogyakarta, 2005.Margono, S, Metodologi Penelitian Pendidikan, Cet. I.1999, Cet. II, Rineka Cipta, 2003. Miratusolina, Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen di Mini Market Alfamidi Ratulangi Palopo, (Palopo : 2014) Moleong, L. J, Metodologi penelitian kualitatif (Bandung : Remaja Karya, 1989) Muhammad, as ad, Psikologi Industri, Liberti, Yogyakarta, 2001.Riduan, Belajar Mudah Penelitian: untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula, Bandung, Alfabeta, 2010.Rosady, Ruslan, MetodePenelitian: Public Relations & Komunikasi, Ed. I. Cet. I, Jakarta, PT Raja Grafindo Persada, 2006. S, Nasution,  Metode Research, Jakarta, Bumi Aksara, 2003. Suguyono, Metode Penelitian Bisnis, (Bandung: Alfabeta, 2008)Sukmadinata,  Nana  Syaodih  ,  Metode  Penelitian  Pendidikan,  (Bandung:  PT  RemajaRosdakarya, 2007) Surachman, Winarno, Desain Tehnik Research, (Bandung: Tarsito, 1997) Suryana, Kewirausahaan, Kiat dan Proses Menuju sukses, (Ed III. jil. 1; Jakarta: SalembaEmpat, 2006).Tjiptono dkk,Strategi Pemasaran, (Ed, I; Yogyakarta: Andi Ofset, 2007) Winardi, Manajemen Pemasaran, Sinar Bandung, Bandung, 2002.Witherington,   (Education   Psychology),   diterjemahkan   oleh   Buchori.   M,   PsikologiPendidikan, Aksara Baru, Jakarta, 2000.
PENGARUH KOMPENSASI FINANSIAL DAN KOMPENSASI NON FINANSIAL TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA KANTOR PAM TIRTA MANGKALUKU KOTA PALOPO .... ......
Journal Of Institution And Sharia Finance Vol 2, No 1 (2019): JUNI
Publisher : Program Studi Perbankan Syariah, IAIN Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (51.417 KB) | DOI: 10.24256/joins.v2i1.1493

Abstract

Abstract: Providing adequate compensation will be able to maintain employee job satisfaction. Then the reward or compensation can be a motivation that can move people in their work and proper compensation will increase the work satisfaction of PAM Tirta Mangkaluku employees in Palopo city. The purpose of this study is to determine the effect of financial compensation and non-financial compensation to the job satisfaction of PAM Tirta Mangkaluku employees in Palopo city. The number of respondents in this study were 141 people. The analysis of this study uses quantitative descriptive analysis with the method of multiple linear regression equations using SPSS version 21. The results show that financial compensation and non-financial compensation have a positive and significant effect on employee satisfaction of Tirta Mangkaluku Drinking Water Company in Palopo City, both partially and simultaneously.Keywords: Financial compensation, non-financial compensation, job satisfaction, PAM Tirta Mangkaluku Palopo City Abstrak: Pemberian kompensasi yang memadai akan dapat mempertahankan kepuasan kerja karyawan. Maka imbalan atau kompensasi dapat menjadi motivasi yang mampu menggerakkan manusia dalam berkarya dan kompensasi yang layak akan meningkatkan kepuasan kerja karyawan PAM Tirta Mangkaluku kota Palopo. Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh Kompensasi finansial dan kompensasi non finansial terhadap kepuasan kerja karyawan PAM Tirta Mangkaluku kota Palopo. Jumlah Responden dalam penelitian ini sebanyak 141 orang. Analisis penelitian ini menggunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dengan metode persamaan regresi linear berganda dengan menggunakan program SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kompensasi Finansial dan Kompensasi non Finansial  berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan karyawan Perusahaan Air Minum Tirta Mangkaluku Kota Palopo, baik secara parsial maupun secara simultan.Kata Kunci: Kompensasi Finansial, Kompensasi non finansial, kepuasan kerja, PAM Tirta Mangkaluku Kota PalopoDAFTAR PUSTAKAHandoko, T. Hani, 2008, Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia Edisi Kedua, Yogyakarta : BPFEHasibuan, M. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: PT.Bumi Aksara.Luthans, Fred. 2011. Perilaku organisasi, Yogayakarta : AndiMalhotra, N.K., 2009, Riset Pemasaran, Edisi keempat, Jilid 1, PT Indeks, JakartaMartoyo, Susilo. 2007, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi 5, Cetakan Pertama, BPFE Yogyakarta.Mondy, R.Wayne. (2008) Manajemen Sumber Daya Manusia.Edisi kespuluh. Penerbit Erlangga. JakrtaPriyatno, Duwi. 20016. Lima Jam Belajar Olah data dengan SPSS 19. Yogyakarta: AndiRivai, Veithzal dan Jauvani-Sagala, Ella. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori Ke Praktik. Cetakan Kelima. Jakarta. Rajawali Pers.
TRANSAKSI JUAL BELI CENGKEH SISTEM TENDER DI DESA SALUSANA KECAMATAN LAROMPONG (DALAM PERSEPEKTIF EKONOMI ISLAM) .... .....
Journal Of Institution And Sharia Finance Vol 2, No 1 (2019): JUNI
Publisher : Program Studi Perbankan Syariah, IAIN Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (398.912 KB) | DOI: 10.24256/joins.v2i1.1499

Abstract

Abstract This study is used to describe how the system of buying and selling cloves in Salusana Village, Larompong sub-district in the perspective of Islamic economics, with the problem of How to deal with clove buying and selling in Salusana Village, Larompong District, How are the clove sale and purchase transactions in the tender system in Salusana Village, Larompong District (In the Economic Perspective Islam), the aim is to find out the sale and purchase of cloves in Salusana Village, Larompong Subdistrict, To find out the sale and purchase of cloves in the tender system in Salusana Village, Larompong Sub-District (In the Islamic Economy Perspective), the method used in this study is descriptive qualitative research type. This uses a qualitative approach, data sources namely primary data sources and secondary data sources, data collection techniques namely by interviews and documentation, and Data Analysis Methods namely inductive and deductive. Based on data from the results of research conducted, it can be concluded that the practice of buying and selling cloves with a slash system that occurs in Desa Salusana Village, Larompong District consists of 2 (two) types of slash systems, namely: wohan slash and pruning slash, Practice of buying and selling clove slash systems in Salusana Village, Larompong Subdistrict both pruning or wohan cutting, according to Islamic law is permissible because it has fulfilled the terms and conditions of sale and purchase. The practice of buying and selling slash systems in Salusana Village that does not contain the gharar element is a small risk of loss.Keywords: Buying and selling; tender systemAbstrak Penelitian ini digunakan untuk memaparkan bagaimana transaksi jual beli cengkeh sistem di Desa Salusana kecamatan Larompong dalam Persfektif ekonomi Islam, dengan masalah Bagaimana transaksi jual beli cengkeh di Desa Salusana Kecamatan Larompong, Bagaimana transaksi jual beli cengkeh sistem tender di Desa Salusana Kecamatan Larompong (Dalam Perspektif Ekonomi Islam), tujuannya adalah Untuk mengetahui Transaksi jual beli cengkeh di Desa Salusana Kecamatan Larompong, Untuk mengetahui  transaksi jual beli cengkeh sistem tender di Desa Salusana Kecamtan Larompong (Dalam Perspektif Ekonomi Islam), Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Jenis Penelitian kualitatif deskriktif, Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sumber data  yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder, tehnik pengumpulan data  yaitu dengan wawancara dan dokumentasi,   serta Metode Analisis Data yaitu induktif dan deduktif. Berdasarkan data dari hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa Praktek jual beli cengkeh dengan sistem tebasan yang terjadi di Desa Desa Salusana Kecamatan Larompong  terdiri dari 2 (dua) macam sistem tebasan, yaitu: tebasan wohan dan tebasan pangkasan, Praktek jual beli cengkeh sistem tebasan yang ada di Desa Desa Salusana Kecamatan  Larompong     ini  baik  tebasan  pangkasan  ataupun  tebasan  wohan,  menurut  hukum  Islam diperbolehkan karena sudah memenuhi syarat-syarat dan rukun jual beli. Praktek jual beli sistem tebasan yang ada di Desa Salusana tidak mengandung unsur gharar yang ada adalah resiko kerugian kecil. Kata Kunci : Jual beli; system tender DAFTAR PUSTAKA Amiruddin dan Zaenal Asikin, Pengantar Metode Penelitian Hukum, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2004 Ash-Shan’ani Muhammad bin Ismail al-Amir Subulus Salam, Jakarta: Darus Sunnah Press, 2013 Bapak Munjaid selaku makelar (blantik) cengkeh di Desa Salusana. Wawancara dilakukan pada tanggal 17 Juni 2016Bapak Kurdi selaku penebas cengkeh dari Desa Salusana. Wawancara dilakukan pada tanggal 17 Juni 2016 Bapak Kurdi selaku penebas cengkeh dari Desa Salusana. wawancara dilakukan pada tanggal 17 Juni 2016Departemen Agama RI, Al-Quran dan terjemahan, Surabaya: Tri Karya, 2005 Ibu Milatus Salihah selaku pemilik pohon cengkeh di Desa Salusanao. Wawancara dilakukan pada tanggal 17 Juni 2016Kasmiran Moh, Metodologi Penelitian, Malang: UIN Malang Pers, 2008 Muhammad Abdul kadir, Hukum Perikatan, Bandung: Penerbit Aluni, 1982 Pendidikan  islam,  http://www.masuk-islam.com/pembahasan-jual-kuarng-beli-dalam-islam- lengkap-pengertian-rukun-dalil-dan-syarat-jual-beli.html,  diakses  tanggal  15  januari2016. Shihab M .Qurais, Tafsir al Mibah: pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur’an, Vol. 11, Jakarta:Lentera Hati Suharjo dan Ana Retnoningsih, Kamus Besar Bahasa Indonesia, semarang: Widya Karya,2011,h.538 Suhendi Hendi, Fiqih muamala, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2010 Strauss Anselm dan Juliet Corbin, Dasar-Dasar Kualitatif, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009 Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2011, Syafe’I Rahmat, Fiqih Muamalah,  Bandung: Pustaka Setia, 2001 Syarifuddin Amir, Garis-Garis Besar Fiqih Islam, Jakarta:Penada Media, 2003 Ya’qub Hamzah, Kode Etik Dagang Menurut Islam, Bandung: Diponegoro, 1992 

Page 1 of 2 | Total Record : 14